SISTEM APLIKASI PEMBELAJARAN BANGUN RUANG UNTUK SEKOLAH DASAR Indonesia

Main Article Content

Sudewi
Rita Irviani
Trisnawati

Abstract

Abstract The purpose of this research is to improve learning activities using props Build Space models for the elementary school, describing the process of design of interactive multimedia on the subjects of Mathematics, knowing the results of the validation of interactive multimedia. The problem in this research is the students' grades in Maths low, conventional learning, and interactive multimedia that support the mathematics is not yet available. Development steps include: analysis, design, development, implementation, and evaluation. Subject trials, the master of the course content, instructional design experts, media expert learning, small group evaluation, individual evaluation, and field evaluation. Data collection techniques are questionnaires to data from expert reviews and test students. Data were analyzed by using a Research and Development (R & D). The results showed the process of interactive multimedia design. The results of research that application of the model geometry aids in Mathematics Learning can increase physical activity can improve mental activity, can improve students' emotional and can improve student learning outcomes.



Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan aktivitas belajar dengan menggunakan alat peraga model Bangun Ruang untuk Sekolah Dasar, menggambarkan proses rancang bangun multimedia interaktif pada mata pelajaran Matematika, mengetahui hasil validasi multimedia interaktif. Masalah dalam penelitian ini adalah nilai siswa dalam pelajaran Matematika rendah, pembelajaran bersifat konvensional, dan multimedia interaktif yang mendukung pada mata pelajaran Matematika belum tersedia. Langkah-langkah pengembangan meliputi: analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Subjek uji coba, yaitu ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, evaluasi kelompok kecil, evaluasi perorangan, dan evaluasi lapangan. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner untuk data hasil review ahli dan uji coba siswa. Data dianalisis dengan teknik Research and Development (R & D). Hasil penelitian menunjukkan proses rancang bangun multimedia interaktif. Hasil penelitian yaitu penerapan alat peraga model bangun ruang dalam Pembelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas fisik, dapat meningkatkan aktivitas mental, dapat meningkatkan emosional siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Aktivitas, Matematik, Alat peraga model, Multimedia Interaktif

Article Details

Section
Articles

References

Clara Ika Sari Budhayanti, dkk. 2008. Pemecahan Masalah Matematika. Jakarta: Departmen Pendidikan nasional Gatot Muhsetyo. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarata: Universitas Terbuka. Hadibin, Mochamad Miswar dkk. 2012. Pembangunan Media Pembelajaran Teknik Komputer Jaringan Kelas X Semster Ganjil Pada Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Bangsa Pati Berbasis Multimedia Intera Ktif. IJCSS. UNSA Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika Di SD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Retno, Margono, Bambang Eka Purnama, Study Of Interaktif Recognition Letter and Number For Children With Computer Multimedia, Indonesian Jurnal on Computer Scoence - Speed (IJCSS) 4 Volume 3 Nomor 1 Agustus 2008, ISSN 1979 –9330 Rini, Handayani, Analisis Faktor-faktor yang Menentukan Efektivitas Sistem Informasi pada Organisasi Sektor Publik, penerbit Rini Handayani, 2010. Santika, Adi, Wira, I Made, dkk, Layanan Informasi Untuk Pasien Rumah Sakit Menggunakan SMS, penerbit Iwan Binanto, 2010 Suharjana, Agus. 2008. Mengenal Bangun Ruang dan Sifat-Sifatnya di Sekolah Dasar. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika. Jakarta Subari dan Yuswanto. 2008. Panduan Lengkap Pemograman Visual Basic 6.0. Cerdas Pustaka Publizer. Jakarta. Undang-undang RI. Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 1