ANALYSIS OF TEACHER STRATEGIES IN IMPLEMENTING STUDENT CHARACTER EDUCATION IN THE MERDEKA CURRICULUM

Main Article Content

Septi Nawang Sari
Ferina Tri Fadila
Ria Nur Anggraini
Firma Andrian
Satria Nugraha Adi Wijaya

Abstract

Character education in the independent curriculum is an alternative for producing student
graduates who have the Pancasila profile. This character education has 6 values that are
developed, namely faith and devotion to God Almighty and noble character, global diversity,
mutual cooperation, creativity, critical reasoning, and independence. This research aims to
determine teacher strategies in implementing student character education in the Merdeka
curriculum. This research uses a qualitative approach with a literature study type of
research. The results of the research show that the strategies used by teachers in
implementing character education for students in class IV in the independent curriculum are
strategies for organizing preliminary activities, material delivery activities, class
management, use of learning media, and organizing closing activities. This strategy is
intended as a step to implement character education in the Merdeka curriculum.

Article Details

How to Cite
Nawang Sari, S., Tri Fadila, F. ., Anggraini, R. N., Andrian, F., & Adi Wijaya, S. N. (2024). ANALYSIS OF TEACHER STRATEGIES IN IMPLEMENTING STUDENT CHARACTER EDUCATION IN THE MERDEKA CURRICULUM. Al-Ibda: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(01), 17–25. https://doi.org/10.54892/jpgmi.v4i01.381
Section
Articles

References

Arifai, Ahmad. 2018. “Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah 3(1):27–38. doi: 10.48094/raudhah.v3i1.21.

Aulia, Vivi. 2019. “Refleksi Pelaksanaan Pembelajaran Pada Praktik Mengajar Mahasiswa Di Jenjang SD Sederajat Untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris.” Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual 4(3):359. doi: 10.28926/briliant.v4i3.355.

Belajar, Merdeka, Pada Siswa, Kelas Iv, and D. I. Sdn. 2023. “Prosiding Seminar Nasional Pgsd Uki Toraja 2023.” 49–56.

Di, Tetrapreneur, Desa Randusanga, Fahmi Firmansyah, Dien Noviany R, Teguh Budi R, and Ibnu Muttaqin. 2023. “Pengembangan Kualitas Bumdes : Dengan Pendekatan Model.” 3(3).

Hadayani, Dwi Okta, Delinah, and Nurlina. 2020. “Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0).” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 21:999–1015.

Hanifah, Hani, Susi Susanti, and Aris Setiawan Adji. 2020. “Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran.” Manazhim 2(1):105–17. doi: 10.36088/manazhim.v2i1.638.

I.G.A. Pidrawan, I.W. Rasna, and I.B. Putrayasa. 2022. “Analisis Strategi, Aktivitas, Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Menulis Yang Diampu Oleh Guru Penggerak Bahasa Indonesia Di Kota Denpasar.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 11(1):75–86. doi: 10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.973.

Kemendikbudristek. 2022. “Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka.” Kemendikbudristek 1–37.

Khasanah, Khasanah, Deden Marjuki, and Nursanita Nasution. 2021. “Efektifitas Penggunaan Media Elmantab Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam.” Akademika 10(01):25–46. doi: 10.34005/akademika.v10i01.1338.

Kholik, Eko Nur, Yuli Prihatni, and Rahayu Retnaningsih. 2022. “Evaluasi Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif SD Negeri 2 Kalimendong.” Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 10(1):15–26. doi: 10.30738/wd.v10i1.11402.

Melia, Y. 2020. “Model Pendidikan Karakter Dalam Konsep Sosiologis Dan Budaya (Studi Pada Sekolah Dasar Di Ulak Karang Selatan).” Jurnal Pendidikan Tambusai 4:528–34.

Mustofa, Zainul, and Rini Setiyowati. 2021. “Pembentukan Karakter Pada Siswa Di Sekolah Berasrama Dalam Menghadapi Masalah Sosial.” Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn 8(1):57–65. doi: 10.36706/jbti.v8i1.12479.

Muyasaroh, Siti. 2019. “Pengelolaan Kelas Dalam Melaksanakan Pembelajaran Aktif.” Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 4(1):1–20. doi: 10.21154/ibriez.v4i1.58.

Pertiwi, Amalia Dwi, Siti Aisyah Nurfatimah, and Syofiyah Hasna. 2022. “Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(2):8839–48.

Pohan, Sermal. 2020. “Manajemen Kelas Dan Efektivitas Pembelajaran.” Jurnal Bunayya 1(2):113.

Sapriadi, Sapriadi, and Siti Hajaroh. 2019. “Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Siswa.” Jurnal Penelitian Keislaman 15(1):55–65. doi: 10.20414/jpk.v15i1.1426.

Sunarso, Ali. 2020. “Dengan Demikian,Budaya Religius Sekolah Adalah Terwujudnya Nilai-Nilai Ajaran Agama Sebagai Tradisi Dalam Berperilaku Dan Budaya Organisasi Yang Diikuti Oleh Seluruh Warga Sekolah.” Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar 10(2):155–69.

Syaparuddin, Syaparuddin, Meldianus Meldianus, and Elihami Elihami. 2020. “Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1(1):30–41. doi: 10.33487/mgr.v1i1.326.

Most read articles by the same author(s)