THE ROLE OF STRENGTHENING THE PROFILE OF PANCASILA STUDENTS IN PRIMARY SCHOOLS TO OVERCOME BULLYING BEHAVIOR

Main Article Content

Azizatul Alif Syafriza
Mohammad Rofiki
Muhammad Rifait
Bahjatul Maymanah
Farah Adiba
Nur Hidayati
Ayuningtyas

Abstract

Kondisi saat ini generasi muda Indonesia kurang mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Hal ini terlihat dari semakin maraknya perilaku perundungan yang terjadi.perundungan ini disebabkan oleh faktor pola asuh, sekolah, harga diri dan norma kelompok, Tujuan penelitian untuk mengetahui peran penguatan profil pelajar pancasila untuk mengatasi perilaku perundungan di sekolah dasar (SD). Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku perundungan pada anak usia remaja Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah wawancara dan observasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan pengujian kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan profil pelajar pancasila secara signifikan dalam mengurangi tingkat perilaku perundungan di kalangan siswa SD. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatus mengenai pencegahan perilaku perundungan di lingkungan pendidikan dasar. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah perlunya integrasi nilai-nilai pancasila dalam kurikulum sekolah sebagai upaya preventif terhadap perilaku perundungan.

Article Details

How to Cite
Syafriza, A. A., Rofiki, M., Rifait, M., Maymanah, B., Adiba, F., Hidayati, N., & Windi Astuti, R. (2024). THE ROLE OF STRENGTHENING THE PROFILE OF PANCASILA STUDENTS IN PRIMARY SCHOOLS TO OVERCOME BULLYING BEHAVIOR . Al-Ibda: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(01), 1–7. https://doi.org/10.54892/jpgmi.v4i01.408
Section
Articles

References

Dasar, D. S. (2023). Profil Pelajar Pancasila.

Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526 diakses 9 Jan 2023, 15.00

Hurlock, E. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentnag Kehidupan. Erlangga.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2020). Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal 2020, Begini Kata Komisioner KPAI. KPAI.

Matthew B. Mles, A. Michael Huberman, jhnny saldana. (2018). Qualitative Data Analysis. SAGE publications.

Nurhayati, N. (2021). Manajemen POACH pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Pembelajaran Luring di SDII Luqman Al Hakim Batam. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 13(2), 381–393. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v13i2.415 diakses 3 Jan 2024, 08.00

Olweus, D., Limber, S. P., & Breivik, K. (2019). Addressing Specific Forms of Bullying: A Large-Scale Evaluation of the Olweus Bullying Prevention Program. International Journal of Bullying Prevention, 1(1), 70–84. https://doi.org/10.1007/s42380-019-00009-7 diakses 11 Jan 2024, 22.00

Pendidikan, M., Teknologi, D. A. N., & Indonesia, R. (2023). SETKAB: Memerlukan persetujuan Presiden SALINAN. 1–36.

Prastowo, A. (2020). metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian. Arus media.

Rizky Satria, P. A., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 138.

Rujiani. (2018). Pendidikan Karakter Untuk Meminimalisir Bullying Verbal Pada Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 01(01), 33–42.diakses 16 Jan 2024, 10.00

Septina, W., & Ain, S. Q. (2022). Kecerdasan Interpersonal Siswa dengan Perilaku Verbal Bullying di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 536–547. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.54285 diakses 15 Jan 2024, 16.00

Suhendar, R. D. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Bullying Siswa Di Smk Triguna Utama Ciputat Tangerang Selatan. EMPATI: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 8(2), 177–184. https://doi.org/10.15408/empati.v8i2.14684 diakses 9 Jan 2024, 09.00

Theodore, W., & Sudarji, S. (2020). Faktor-Faktor Perilaku Perundungan Pada Pelajar Usia Remaja Di Jakarta. Psibernetika, 12(2), 67–79. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v12i2.1745 diakses 9 Jan 2024, 09.00