IMPLIMENTASI MODEL(ASSURE) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 BUDI LESTARI KECAMATAN TANJUNG BINTANG TAHUN AJARAN 2015/2016 Indonesia

Main Article Content

Ponidi
Dwi Puastuti
Marilin Kristina

Abstract

Abstract

Based on the finding research, the implementation of ASSURE teaching model improves the active learning and achievement in civics of the student of class IV OF SD Negeri 3 Tanjung Bintang Element School. The increase of Students’ active learning can be seen from pre- research. It show that 50% Students are activite. In cycle 1, there are 67% students who are active. It increaces to 80% in cycle 2. The civics achievements of the students of class IV OF SD Negeri 3 Budi Lestari Tanjung Bintang Elementary School in the academik years of 2015/2016 is increased. The increase of students achievement can be seen in the pre research from teaching evaluation. It shows that the achievement of 12% of 25 students is increased. The increase in cycle 1 is 44& while 88% is in cycle 2.






Abstrak

Berdasarkan pada pengamatan penelitian, Penerapan pada ASSURE mengajarkan contoh perbaikan pada pembelajaran aktif dan pencapaian ilmu sosial pada siswa kelas IV di SD Negeri 3 Tanjung Bintang (Sekolah Dasar), Pada peningkatan siswa’ pembelajaran aktif dapat terlihat dari sebelum penelitian. Terlihat dari 50% siswa yang aktif. dalam 1 putaran, terdapat 67% siapa saja siswa yang aktif. Meningkat menjadi 80% dalam 2 putaran. Pencapaian ilmu sosial pada siswa di kelas IV SD Negeri 3 Budi Lestari Tanjung Bintang (Sekolah Dasar) dalam periode akademik Tahun 2015/2016 adalah Tercapai. Meningkatnya pencapaian pada siswa dapat terlihat pada sebelum penelitian dari evaluasi guru. Terlihat pada pencapaian 12% dari 25 siswa yang meningkat. Peningkatan pada putaran 1 adalah 44 & terkadang 88% pada putaran 2.

Kata kunci: pembelajaran aktif, pencapaian pembelajaran,ASSURE MODEL.

Article Details

How to Cite
Ponidi, Dwi Puastuti, & Marilin Kristina. (2020). IMPLIMENTASI MODEL(ASSURE) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 BUDI LESTARI KECAMATAN TANJUNG BINTANG TAHUN AJARAN 2015/2016 : Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 1(2), 25–31. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v1i2.16
Section
Articles

References

Aunnurahman. (2009). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Benny A. Pribadi. (2011). Model assure untuk mendesain pembelajaran sukses. Jakarta: Dian Rakyat. Buchory Muh Sukemi. (2006). Peningkatan partisipasi siswa dengan model CTLpada pembelajaran Kewarganegaraan Kelas XI SMA Negeri 1 Jetis, Bantul Yogyakarta. Laporan Penelitian Tindakan Kelas tidak diterbitkan.Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta. Depdiknas. (2005). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Depdiknas. Irawan Soehartono. (2008). Metode penelitian sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya. Muhammad Ali. (2008). Guru dalam proses mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Mulyasa. (2008). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: Remaja Rosdakarya. Rochiati Wiriaatmadja. (2005). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: Rosdakarya. Saifuddin Azwar. (2010). Tes prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Suharsimi Arikunto, dkk. (2007). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Sukardi. (2004). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Zaenal Arifin. (2009). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Zainal Aqib. (2008). Penelitian tindakan kelas. Bandung: Yrama Widya