STRATEGI MARKETING MIX DALAM RANGKA MENARIK PESERTA DIDIK BARU DI MTSN 10 MAGETAN

Main Article Content

Dian Pratiwi
Farhan Nur Hidayat
Ferika Andani
Hanun Nada Dzakiyyah
Hen Dwika Nurhidayat
Iit Rochimawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan mengenai penerapan strategi marketing mix dalam rangka menarik minat peserta didik baru di MTsN 10 Magetan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan panyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTsN 10 Magetan berhasil menerapkan strategi marketing mix sebagai upaya meningkatkan minat dan jumlah peserta didiknya. Hasil dari penelitian ini adalah strategi marketing mix tersebut terdiri dari 7P yaitu product (produk), price (harga), place (lokasi), promotion (promosi), people (SDM), physical evidence (bukti fisik), dan process (proses). Produk yang ditawarkan adalah sekolah memiliki peminatan kelas yaitu peminatan kelas reguler dan kelas program (sains, tahfidz dan olahraga). Biaya sekolah gratis mulai dari pendaftaran hingga lulus bahkan diberikan seragam sekolah. Promosi dilakukan dalam bentuk periklanan (media sosial dan media cetak), hubungan dengan masyarakat, mulut ke mulut dan pemasaran secara langsung. SDM yang dimiliki cukup berkualitas dan terus melakukan pengembangan. Bukti fisik sekolah memiliki sarana prasarana yang memadai dan terus diperbarui. Adapun proses yang dilakukan sudah terencana dengan baik mulai awal pendaftaran hingga peserta didik lulus.

Article Details

How to Cite
Pratiwi, D., Nur Hidayat, F., Andani, F., Nada Dzakiyyah, H., Nurhidayat, H. D., & Rochimawati, I. (2024). STRATEGI MARKETING MIX DALAM RANGKA MENARIK PESERTA DIDIK BARU DI MTSN 10 MAGETAN. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 9(01), 56–61. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v9i01.330
Section
Articles

References

Effendi, Mukhlison, and Nur Aini Latifah. 2021. “Penetapan Harga Jasa Pendidikan Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).” Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2(No. 2): 127–43.

Fadhilah, Muhammad Dzaki. 2021. “Analisis Pengaruh Product, Price, Place, Dan Promotion Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Herba Penawar Alwahida Indonesia (HPAI).” Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya,.

Fadlilah, Azizah Nurul, and Saidah Masfiah. 2021. “Implementasi Strategi Marketing Mix Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Di Tk Al Huda Kota Malang.” Journal Evaluasi Vol. 5(No. 1): 94.

Karim, Djamaluddin, Jantje L Sepang, and Bode Lumanauw. 2014. “Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Manado Sejati Perkasa Group.” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 2(1): 421–30.

Mashudi, Akhwan, Bahtiar, and Nurul Yakin. 2022. “Implementasi Strategi Bauran Pemasaran Dalam Upaya Menarik Minat Peserta Didik Baru Di Sekolah Menengah Pertama Islam.” J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) Vol. 7(No. 2): 55–62.

Nurhayaty, Maria. 2022. “Strategi Mix Marketing (Product, Price, Place, Promotion, Eople, Process, Physical Evidence) 7P Di PD Rasa Galendo Kabupaten Ciamis.” Jurnal Media Teknologi Vol. 8(No. 2).

Prihanto, RB Soemanto, and Bagus Haryono. 2013. “Keputusan Orang Tua Dalam Menentukan Pendidikan Dasar Bagi Anak Di Desa Pandeyan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali.” Jurnal Analisa Sosiologi Vol. 2(No. 1): 63–80.

Susilowati. 2015. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Universitas Pakuan Dalam Memilih Rumah Kost.” Jurnal Komunikasi Vol. 6(No. 2): 5.

Sustiyatik, Enni, and Beni Agus Setiono. 2019. “Pengaruh Product, Price, Promotion, Dan Place Terhadap Loyalitas Konsumen (Effect on Product, Price, Promotion, and Place to Consumer Loyalty).” Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan Vol. 10(No. 1): 76–77.

Utami, Yuliana Tri, and Widodo. 2020. “Marketing Program Pendidikan Luar Sekolah (Peningkatan Minat Masyarakat Terhadap Program Pendidikan Luar Sekolah Melalui Marketing Mix Di Sanggar Kegiatan Belajar Bantul Yogyakarta).” Jurnal Pendidikan Untuk Semua Vol. 4(No. 1): 51–62.