STRATEGI PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN SARANA DAN PRASARANA DI SMPIT PAPAN RAUDHOTUL JANNAH

Main Article Content

Rifqotun Nada

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji strategi pengelolaan keuangan yang dapat
meningkatkan fasilitas dan infrastruktur. Penelitian ini mencakup strategi perencanaan, alokasi anggaran
pendidikan dalam meningkatkan fasilitas dan infrastruktur, serta evaluasi dan akuntabilitas. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang
digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa
terdapat perencanaan yang melibatkan pengembangan dan pemeliharaan fasilitas dan infrastruktur. Perencanaan
anggaran dilakukan melalui Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPB), yang mengalokasikan dana
untuk perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, inventarisasi, dan pencoretan. Pembiayaan pendidikan menjadi
faktor kunci yang mempengaruhi pelaksanaan proses pendidikan dan merupakan aspek penting dalam studi
manajemen pendidikan. Evaluasi dan akuntabilitas biasanya dilakukan secara tahunan dalam implementasinya.

Article Details

How to Cite
Rifqotun Nada. (2024). STRATEGI PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN SARANA DAN PRASARANA DI SMPIT PAPAN RAUDHOTUL JANNAH. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 9(01), 10–18. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v9i01.343
Section
Articles

References

Alimi, D. (2012). School Types, Facilities and Academic Performance of Students in Senior Secondary Schools in Ondo State. International Education Studies, 3(5), 44.

Arifin, B. & M. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Ar-ruzz Media.

Bafadal, I. (2004). Manajemen perlengkapan sekolah : Teori dan aplikasinya. Bumi Aksara.

Bedjo, S. (2007). Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah, Model Pengelolaan Sekolah di Era Otonomi Daerah. Sagung Seto.

Benty, D. D. . & G. (2017). Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik. Alfabeta.

Biklen, B. R. . &. (1992). Qualititave Research and Introduction to Theory and Metodh. Alyn and Bacon.

Copeland, J. F. W. & T. E. (1995). Manajemen Keuangan. Binapura Aksara.

Fattah, N. (2012). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Remaja Rosda Karya.

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.

Kurniady, D. A. (2011). Pengelolaan Pembiayaan Madrasah Dasar di Kabupaten Bandung.

Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(12), 35–36.

McCannon, B. C. (2014). Finance education and social preferences: Experimental evidence. Journal of Behavioral and Experimental Finance, 4, 57–62. https://doi.org/10.1016/j.jbef.2014.10.001

Mulyasa. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah.

Remaja Rosda Karya.

Mulyono. (2016). Konsep Pembiayaan Pendidikan. Ar-ruzz Media.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. (n.d.).

Saefullah, M. U., Haedari, A., & Qolbi, L. (2019). Model Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Pelayanan Pendidikan. Eduprof : Islamic Education Journal, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.47453/eduprof.v1i2.19

Sallis, E. (2010). Manajemen Mutu Pendidikan.

IRCiSoD.

Sedarmayanti. (1995). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. CV Mandar Majau.

Sukirman, H. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. UNY Press.

Sutomo. (2011). Manajemen Madrasah. UPT Unnes Press.

Wallis, J. (2004). Planning education in and after emergencies. In International Journal of Educational Development (Vol. 24, Issue 2). https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2003.08.0 03

Zafar, I. Malik; Mohammad, Nasir Ami; Yasir, I. (2011). Use of Data for Educational Planning andManagement.http://library.aepam.edu.pk/Books/Use