PERILAKU KEAGAMAAN DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 AMBARAWA KABUPATEN PRINGSEWU Indonesia

Main Article Content

Rahmat Efendi

Abstract

Abstract Religious behavior student become a benchmark for the success of learning, especially learning Islam. Where the results of learning Islamic education not only from the aspect of cognitive but also affective and psychomotor aspects. Therefore, it is very interesting to do research if there is a relationship between religious behavior with Islamic education learning outcomes. The purpose of this study was to determine whether or not the relationship of religious behavior with Islamic education learning outcomes . The method used in this research is descriptive analysis method with quantitative research forms. The results showed no relationship between religious behavior with Islamic education learning outcomes. This conclusion is based on the correlation test was done using the formula Kendal tau test with SPSS. The test results show significant figures 0548> 0.05. Shown significant values greater than 0.05 means that there is a relationship between religious behavior of students with the learning outcomes of Islamic Education in SMA Negeri 1 Ambarawa Pringsewu.

Abstrak Perilaku keagamaan siswa menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah pembelajaran, khususnya pembelajaran Agama Islam. Dimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam bukan hanya dilihat dari aspek kognitif saja namun juga aspek afektif dan psikomotorik. Oleh karena itu, sangat menarik untuk dilakukan penelitian apakah ada hubungan antara perilaku keagamaan dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan perilaku keagamaan dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan bentuk penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara perilaku keagamaan dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Kesimpulan ini berdasarkan uji korelasi yang telah dilakukan menggunakan rumus uji kendal tau dengan bantuan program SPSS. Adapun hasil pengujian menunjukan angka signifikan 0.548 > 0,05. Nilai signifikan yang ditunjukan lebih besar dari 0,05 berarti ada hubungan antara perilaku keagamaan siswa dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Ambarawa Pringsewu.

Kata Kunci: Perilaku keagamaan, Hasil Belajar PAI

Article Details

How to Cite
Rahmat Efendi. (2020). PERILAKU KEAGAMAAN DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 AMBARAWA KABUPATEN PRINGSEWU : Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 1(2), 42-47. Retrieved from https://www.ejurnal-stitpringsewu.ac.id/index.php/jmpi/article/view/18
Section
Articles

References

Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati 2001 , Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azizy, A Qodri.2003. Pendidikan Untuk Membangun EtikaSosial, Semarang: Aneka Ilmu.

H.A.R. Tilaar.1999. Manajemen Pendidikan Nasional. PT Remaja. Rosdakarya

Rahim, Husni, Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 2001.

Saleh, Abdurrochman.2005. Pedoman Pembinan Pondok Pesantren. Jakarta: Proyek Pembinaan Bantuan Kepada Pondok Pesantren Ditjen Binbaga Islam Depag RI.

Syah Muhibbin,. 2006. Psikologi Belajar , Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

UU RI no 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional