IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KETUHANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER TOLERANSI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 RIMO id

Main Article Content

Novi Andriani Novi
Subiyantoro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dalam meningkatkan karakter peserta didik dengan mengimplementasikan nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan alasan bahwa penggunaan metode ini dapat membantu peneliti dalam menggambarkan secara rasional dan teoritis tentang fakta, data, objek material yang berupa ungkapan bahasa atau wacana melalui interpretasi yang tepat dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian nilai -nilai ketuhanan dan kemanusiaan dalam meningkatkan karakter toleransi peserta didik di sekolah sangat penting untuk dilakukan, karena dengan adanya pengimplementasian nilai -nilai ketuhanan dan kemanusiaan tersebut bisa membangun karakter toleransi, kemandirian, disiplin, dan peduli dengan sesama. Penanaman karakter toleransi peserta didik dengan pengimplementasian nilai -nilai ketuhanan dan kemanusiaan di sekolah dapat dilakukan melalui proses kegiatan belajar mengajar.

Article Details

How to Cite
Novi, N. A., & Subiyantoro. (2022). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KETUHANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER TOLERANSI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 RIMO: id. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 7(02), 27–33. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v7i02.213
Section
Articles

References

Auliah, D., Laila, I., Patimah, S., Piaud, P. S., Pendidkan, F., Agama, I., & Nusantara, I. (2019). Pendidikan Anak dalam Islam Sukatin , Elis Rahmayeni Zulhizni , Siti Tasifah , Nova Triyanti , muslim yang sempurna ( Kamil ), yang bisa mengemban fungsinya sebagai ‘ abid. VI(2), 185–205.

Bagus Pradhana Krisnamukti, D. (2020). Implementasi nilai pancasila dalam kehidupan mahasiswa fakultas pertanian universitas brawijaya di malang. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 6(1), 66–72.

Firmansyah, Iman, M. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 79–90.

Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368

Hidayat, R. (2019). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Pengembangan Masyarakat Islam (Studi Pemikiran Burhanuddin Al-Zarnuji). Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan, 3(2), 1. https://doi.org/10.31958/jsk.v3i2.1692

Khosiah, N. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas – Probolinggo. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 84–100. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i1.3818

Luh De Liska, L. P. S. A. (2017). Implementas Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Karakter Bangsa. Canopy, 17(2), 676–687. https://doi.org/10.5281/zenodo.4049444

Ningrum, L. S., & Supardi, K. I. (2020). Pengembangan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembelajaran Kimia Materi Hidrokarbon Smk. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2490–2497.

Nurhasanah, A., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Upaya Membangun Karakter yang Unggul dengan Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari. Pendidikan Tambusai, 5(3), 8745–8751.

Pertiwi, R., Suchyadi, Y., & Handayani, R. (2019). Implementasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 01 Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Dan …. https://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda/article/view/994

Priyambodo, A. B. (2017). Kebangsaan dan Cinta Tanah Air Pada Sekolah. Jurnal Sains Psikologi, 6(1), 9–15.

Ramdhani, M. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 28–37.

Randa, Y. (2016). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah Studi Deskriptif di SD Amaliah Ciawi Bogor. Untirta Civic Education Journal, 1(1), 31–48.

Rianto, H. (2016). Implementasi Nilai Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab Di Lingkungan Sekolah. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), 80–91. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/view/268/265

Santi Deliani Rahmawati, H. S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Qathruna, 7(1), 54–67. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Sholihah, A. M. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan, Sosial, Agama, 12(1), 49–58.

Suardi, S., Herdiansyah, H., Ramlan, H., & ... (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Jaya Negara Makassar. Jurnal Etika …. https://36.89.54.123/index.php/jed/article/view/1983

Sulianti, A., Efendi, Y., & Sa’diyah, H. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 54–65. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n1.2020.pp54-65

Wijoyo, H. (2019). Peranan Lohicca Sutta Dalam Peningkatan Pendidikan Karakter Dosen di STMIK Dharmapala Riau. Jurnal Guru Kita, 3(4), 315–322.

Zahrudin, M., Ismail, S., & Hasanah, A. (2020). Penanaman Nilai Inti Pendidikan Karakter Berlandaskan Pancasila Pada Peserta Didik Di Sekolah. Jpa, 21, 161.