INTERNALISASI KECERDASAN IQ, EQ, SQ DAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (STUDI PENDEKATAN PSIKOLOGIS) ID

Main Article Content

Riris Amelia
Ahmad Irkham Saputro
Eri Purwanti

Abstract

Abstrak: Pendidikan Agama Islam sejatinya merupakan sebuah proses pendidikan yang didalamnya menyentuh berbagai macam nilai moral, spiritual, dan kecerdasan peserta didik. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji internalisasi kecerdasan IQ, EQ, SQ Dan Multiple Intelligences dalam konsep pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Al-Qur’an dan Al-Hadis sudah membahas tentang akal, qalbu dan fuad (hati nurani) sebagai pusat kecerdasan. Hal ini menunjukkan bahwa Islam memberikan apresiasi yang sama terhadap empat sistem kecerdasan tersebut. Hubungan keempatnya dapat dikatakan saling membutuhkan dan melengkapi. Namun kalau akan dibedakan, maka SQ merupakan “Prima Causa” dari IQ, EQ dan MI. Kesimpulan dari artikel ini adalah kecerdasan IQ, EQ, SQ, dan MI memiliki implikasi signifikan terhadap pengembangan konsep Pendidikan Islam, baik sebagai pertimbangan dalam menentukan tujuan, isi/materi, strategi, evaluasi, maupun konsep kurikulum yang akan digunakan. Keempat macam kecerdasan tersebut sama-sama memiliki potensi untuk menumbuhkembangkan kecerdasan siswa secara menyeluruh.


 


Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan IQ,EQ,SQ dan MI


 


               Abstract: Islamic education is actually an educational process in which it touches various kinds of moral, spiritual, and intelligence values ​​of students. This article aims to examine the internalization of intelligence IQ, EQ, SQ and Multiple Intelligences in the concept of Islamic education. This study uses a qualitative approach with library research methods. The results of this study indicate that the Qur'an and Al-Hadith have discussed the mind, heart and fuad (conscience) as the center of intelligence. This shows that Islam gives equal appreciation to the four intelligence systems. The relationship between the four can be said to need and complement each other. However, if it is to be distinguished, then SQ is the "Prima Causa" of IQ, EQ and MI. The conclusion of this article is that IQ, EQ, SQ, and MI intelligence have significant implications for the development of the concept of Islamic education, both as a consideration in determining goals, content/materials, strategies, evaluations, and curriculum concepts to be used. The four kinds of intelligence both have the potential to develop the overall intelligence of students. 


Keywords: Islamic Religious Education, Intelligence IQ, EQ, SQ and MI

Article Details

How to Cite
Riris Amelia, Ahmad Irkham Saputro, & Eri Purwanti. (2022). INTERNALISASI KECERDASAN IQ, EQ, SQ DAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (STUDI PENDEKATAN PSIKOLOGIS): ID. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 7(02), 34–43. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v7i02.232
Section
Articles

References

Abdul Mujib, Yusuf Mudzakir. 2002. Nuansa-Nuansa Psikologi Islami. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Andriyani, Santi. 2016. “Implementasi Strategi Multiple Intelligences Pada Pembelajaran Bahasa Inggris ( Studi Kasus Di SD Inklusi Semai Jepara ).” 1(1).

Az-Zabalani, Sayyid Muhammad. 2007. Pendidikan Remaja Antara Islam Dan Ilmu Jiwa. Jakarta: Gema Insani.

Chatib, Munif. 2011. Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa.

Danah, Zohar. 2002. SQ Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual Dalam Berfikir Integralistik, Holistic Untuk Memaknai Hidup. Bandung: Mizan.

Dikdasmen, Depdiknas Dirjen. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikdasmen.

Gardner, Howard. 2003. Multiple Intelligences, Kecerdasan Majemuk Teori Dalam Praktik, Penerjemah: Alexander Sindoru. Batam: Interaksara.

Ghofur, Waryono Abdul. 2005. Tafsir Sosial : Mendialogkan Teks Dengan Konteks. Yogyakarta: Elsaq Press.

Jasmine, Julia. 2012. Metode Mengajar Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa Cendekia.

Kartawiria, Rajendra. 2004. 12 Langkah Membentuk Manusia Cerdas. Jakarta: Hikmah.

Ma`arif, Muhammad Anas. 2016. “Pendidikan Islam Dan Tantangan Modernitas (Input, Proses Dan Output Pendidikan Di Madrasah).” Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(2): 47–58.

Mubarok, Achmad. 2001. Psikologi Qurani. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Muhammad Anas Ma`arif. 2019. “PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCE).” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 4.

Muslimin, Nur. 2016. “PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS IQ, EQ, SQ DAN CQ Nur Muslimin.” Kabilah 1: 255–73.

Najati, M Utsman. 2006. Belajar EQ, Dan SQ Dari Sunah Nabi. Jakarta: Hikmah.

Salim, Peter. 2000. Salim’s Ninth Collegiate English-Indonesia Dictionary. Jakarta: Modern English Press.

Suharsono. 2005. Melejitkan IQ, IE, Dan IS. Depok: Inisiasi Press.

Sulistami, Ratna. 2006. Universal Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wahyudi, Dedi, and Tuti Alafiah. 2016. “Studi Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 8(2): 255.

Yaumi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat.