STRATEGI PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DI MI QUR’AN MATHLAUL HUDA CABANG RAUDHOTUL MUNAWARAH CANDIRETNO PRINGSEWU ID

Main Article Content

Muhtarom Muhtarom
Abdul Hamid
Salamun Salamun
Moh. Masrur
M. Saifulloh

Abstract

Abstract
The purpose of this study was to determine the character development strategy of students at MI Qur'an Mathlaul Huda Branch Raudhotul Munawarah Candiretno, Pringsewu. This research uses a qualitative descriptive approach, while the form of the research is field research. The research location is at Madrasah Ibtidaiyah (MI) Qur'an Mathlaul Huda Branch Raudhotul Munawarah Candiretno, Pringsewu. The object of the research is all students in Madrasah Ibtidaiyah (MI) Qur'an Mathlaul Huda Raudhotul Munawarah Branch. Data collection tools used are interviews, documentation and observation.
The results in this study can be concluded that developing student character can be done when the teacher knows the values in character education. The strategies used by teachers at Madrasah Ibtidaiyah (MI) Qur'an Mathlaul Huda Branch Raudhotul Munawarah in developing student character are: Giving Examples, Giving Awards/Appreciation, Inserting Moral Messages in Every Lesson, Honest and Open-Minded, Teaching Politeness, Instilling Leadership, Telling Inspirational Experiences, Through Literacy Activities.



Keywords ; Development Strategy, Character, Students


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi pengembangan Karakter Siswa DI MI Qur’an Mathlaul Huda Cabang Raudhotul Munawarah Candiretno, Pringsewu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan bentuk penelitianya adalah penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitianya yaitu di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Qur’an Mathlaul Huda Cabang Raudhotul Munawarah Candiretno, Pringsewu. Objek penelitianya adalah seluruh siswa yang ada di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Qur’an Mathlaul Huda Cabang Raudhotul Munawarah. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi.
Hasil dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya dalam mengembangkan Karakter Siswa dapat dilakukan ketika guru mengetahui nilai – nilai dalam pendidikan karakter. Strategi yang dilakukan guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Qur’an Mathlaul Huda Cabang Raudhotul Munawarah dalam mengembangkan karakter siswa yaitu : Memberikan Teladan, Memberikan Penghargaan/Apresiasi, Menyisipkan Pesan Moral dalam Setiap Pelajaran, Jujur dan Open-Minded, Mengajarkan Sopan Santun, Menanamkan Leadership, Menceritakan Pengalaman Inspiratif, Melalui Kegiatan Literasi.



Kata kunci ; Strategi Pengembangan, Karakter, Siswa

Article Details

How to Cite
Muhtarom, M., Abdul Hamid, Salamun, S., Moh. Masrur, & M. Saifulloh. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DI MI QUR’AN MATHLAUL HUDA CABANG RAUDHOTUL MUNAWARAH CANDIRETNO PRINGSEWU: ID. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 7(02), 44–52. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v7i02.233
Section
Articles

References

Agustrianti, M., wahyudi, F., & Masrur, M. (2018). Manajemen Peserta Didik Berbasis Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Di MAdrasah Aliyah Nurul Huda Pringsewu Tahun Ajaran 2016-2017. Al - Idarah , 33.

Aisyah, K. (2022, Januari Rabu). Wawancara. (R. Ahmad, Pewawancara)

Arsana, I Made; Wahyudi;. (2014). Peran Keluarga Dalam Membina Sopan Santun Anak Di Desa Galis Kabupaten Pamekasan. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan , 290-304.

Elmubarok. (2008). Pengantar Pendidikan Berbasis Karakter. Yogyakarta: Adi Karya.

Faqih, M. (2022, Januari Senin). Wawancara. (R. Ahmad, Pewawancara)

Gunawan. (2012). Pendidikan Karakter, Konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hidayah, N. (2022, Januari sabtu). Wawancara. (R. Ahmad, Pewawancara)

KBBI. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Kusuma. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.

Marzuki. (2022). Memberikan Teladan. (R. Ahmad, Pewawancara)

Mulyasa, E. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiantoro. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Putri, S. O. (2021, Desember Jum'at). Wawancara. (R. Ahmad, Pewawancara)

Sari, N. A. (2022, Januari Rabu). Wawancara. (R. Ahmad, Pewawancara)

Sari, Ruly Nadian; windayanti, Wiwin; Aulia, Maya;. (2021). 2021. Al - Idarah , 77.

Setiaji, R. (2021, Desember Jum'at). Wawancara. (R. Ahmad, Pewawancara)

Wati, F. Y. (2015). Pengembangan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Mitra PGMI , 97-112.

Wibowo, A. (2010). Pendidikan Karakter;Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yukl, G. (2010). Kepemimpinan dalam organisasi. Jakarta: PT. Indeks.

Yusuf, Syamsu; , Nurihsan; Juntika, A;. (2009). Landasan Bimbingan & Konseling. Bandung: Rosdakarya.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>