IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA

Main Article Content

Anaas Tri Ridlo Dina Yuliana
Halimatus Sadiah
Fadilah Salsabila
Mufida Nidaul Azzahra
Vitya Qotrunnada

Abstract

Artikel ini membahas tentang implementasi manajemen kesiswaan dalam membentuk akhlak siswa. Pendidikan menjadi batu loncatan untuk seseorang dapat membawa perubahan untuk dirinya ataupun di sekitarnya. Dalam suatu lembaga tentunya terdapat komponen utama agar proses belajar mengajar dapat terlaksana. Siswa menjadi salah satu komponen utama dalam dunia pendidikan formal, baik sekolah ataupun madrasah. Akhlak yang sekarang ini sudah dipandang sebelah mata, dikarenakan adanya dunia yang dipandang lebih asik yakni dunia gadget. Maka perlu ditanamkan kembali secara signifikan melalui lingkungan di mana siswa berada. Manajemen kesiswaan menjadi aspek penting bagi seluruh proses kegiatan yang direncanakan dan diusahakan serta pembinaan secara terus-menerus terhadap seluruh proses peserta didik sehingga peserta didik memiliki akhlakul karimah. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kesiswaan dalam membentuk akhlak siswa, melalui perancangan strategi untuk membentuk akhlak siswa dan proses pelaksanaan dalam pembentukan akhlak siswa. Artikel ini menggunakan penelitian dengan metode kualitatif, serta pendekatan studi lapangan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi serta analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, bahwa pembiasaan hal-hal positif dan karakter karimah di lingkungan sekolah dibuktikan dengan strategi pembentukan akhlak seperti senyum, sapa, salam, sopan dan santun, pembiasaan beribadah, serta proses pelaksanaan dalam membentuk akhlak yang selalu dimonitoring dan evaluasi.

Article Details

How to Cite
Yuliana, A. T. R. D. ., Sadiah, H., Salsabila, F., Azzahra, M. N., & Qotrunnada, V. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 8(01), 15–23. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v8i01.276
Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA

Amin, M., Andriani, T., & Afandi, M. (2022). MANAJEMEN KESISWAAN UNTUK PENGEMBANGAN DIRI PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH. Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 1(1), 41–42.

Arifin, M. (1993). Filsafat Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Arifin, M. (2017). Strategi Manajemen Perubahan dalam Meningkatkan Disiplin di Perguruan Tinggi. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 1–16.

Ariska, R. S. (2015). Manajemen kesiswaan. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(6), 834.

Ghani, S. H. A. (2021). MEMAHAMI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURA. Jurnal Paradigma, 11(1), 1–23.

Hariani, D., & Bahruddin, E. (2019). PERANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI SMA NEGERI 2 KOTA BOGOR. Jurnal Mitra Pendidikan(JMP Online), 3(5), 748–756.

Iba, L. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur’an (kajian Tafsir Surat Luqman ayat 12-19). Al-Iltizam, 2(2), 138–155.

Juhji, Wahyudin, W., Muslihah, E., & Suryapermana, N. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 114.

Kristiawan, M., & Asvio, N. (2018). Pengelolaan Administrasi Madrasah Tsanawiyah Negeri Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Madrasah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 86–95.

Ma’shum, A., & Zainal Abidin, M. (1997). Kamus Al-Munawwir. Pustaka Progresif.

Majhuddin. (2009). Akhlak Tasawuf I ; Mukjizat Nabi, Karomah Wali dan Ma’rifah Sufi. Kalam Mulia.

Nugroho Warasto, H. (2018). PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA (Studi Kasus Sekolah Madrasah Aliyah Annida Al-Islamy, Cengkareng). JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 2(1), 65–86.

Prawirosentono, S. (1999). Manajemen Sumber Daya Manusia; Kebijakan kinerja karyawan. BPFE-Yogyakarta.

Qomaruddin. (2022). Manajemen Kesiswaan dalam Membentuk Karakter Siswa. JURNAL ILMU PENDIDIKAN ISLAM, 20(1), 76. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/jipi.v20i1.3934

Ramayulis. (2004). Psikologi Agama. Kalam Mulia.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Al-Hadharah, 17(22), 81–94.

Santriati, M. (2019). MANAJEMEN KESISWAAN. Manajer Pendidikan, 13(3), 281–285.

Saputra, R., & Sutarman. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Terhadap Santri dan Santriwati Pondok Pesantren Syekh Burhanuddin Kuntu Darussalam di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(2), 164–168.

Sari, H. K., Giatman, M., & Ernawati. (2021). Manajemen Siswa Selama Pandemi Covid-19. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 126–130.

Siagian. (2007). Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Rineka Cipta.

Suryadarma, Y., & Haq, A. H. (2015). Pendidikan Akhlak Menurut Imam Ghazali. At-Ta’dib: Journal Of Pesantren Education, 10(2), 362–380.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).

Walad, M. (2021). Strategi Penanaman Karakter Islami dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII di MTs Darussholihin NW Kalijaga. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 28–37. https://doi.org/https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v1i1.11