PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN MINAT MENULIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Indonesia
Main Article Content
Abstract
Abstract
The purpose of that is expected from this research is to find out the average difference between the students' ability to write descriptions of learning that using direct learning model with conventional ones, to know the effect of the interaction effect of the use of direct instructional model and the interest in writing to the ability to write descriptions that siswa.Penelitian conducted an experimental study. Data analysis or testing the hypothesis using Analysis of Variance (Anova) two paths followed by t test Dunnet.Penelitian experiments have been carried out concluded that on average the ability to write descriptions of students who use the direct learning model is higher than the average writing skills descriptions of students using model konvensional.Selain it is known that there is an interaction effect using a model of learning and interest in writing to the ability to write a description. Learning that using direct learning model to the students who have a high interest in writing, the average ability to write descriptions are higher than using conventional learning. There were no significant differences in average ability to write a description of your using direct and conventional learning in students who have a low interest in writing. Thus the direct learning model has a positive influence on learning, especially writing a description.
Abstrak
Tujuan dari yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan menulis deskripsi siswa antara pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan yang konvensional, untuk mengetahui ada pengaruh interaksi pengaruh penggunaaan model pembelajaran langsung dan minat menulis terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa.Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian ekperimen. Analisis data atau pengujian hipotesis yang diajukan menggunakan Analisis Varians (Anava) dua jalur yang dilanjutkan dengan uji t Dunnet.Penelitian eksperimen yang telah dilaksanakan didapat kesimpulan bahwa rata-rata kemampuan menulis deskripsi siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung lebih tinggi dari rata-rata kemampuan menulis deskripsi siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.Selain itu diketahui bahwa ada pengaruh interaksi penggunaan model pembelajaran dan minat menulis terhadap kemampuan menulis deskripsi. Pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa yang memiliki minat menulis tinggi, rata-rata kemampuan menulis deskripsi nya lebih tinggi dari yang menggunakan pembelajaran konvensional. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata kemampuan menulis deskipsi dengan menggunakan pembelajaran langsung dan konvensional pada siswa yang memiliki minat menulis rendah. Dengan demikian model pembelajaran langsung memiliki pengaruh yang positif pada pembelajaran khususnya menulis deskripsi.
Kata Kunci : Minat menulis, Menulis deskripsi, Model pembelajaran langsung