MANAJEMEN PEMBELAJARAN OLEH TENAGA PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN MAMBAUL HISAN PRINGSEWU Indonesia

Main Article Content

Agus Husen Amaroh
Nurhadi Kusuma

Abstract

Abstrak
Manajemen pembelajaran adalah adalah segala usaha pengaturan proses belajar mengajar, dalam rangka
tercapainya proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
manajemen pembelajaran di Pondok Pesantren Mambaul Hisan Pringsewu. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode deskiriftif kualitatif dengan obyek penelitian di Pondok Pesantren
Mambaul Hisan Pringsewu. hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran di Pondok
Pesantren Mambaul Hisan Pringsewu sama seperti perencanaan pada sekolah umum yaitu membuat Program
Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Prngorganisasian di pondok pesantren Pondok Pesantren Mambaul Hisan Pringsewu belum dapat dilakukan
pada umumnya karena keterbatasan tenaga pendidik. Sedangkan evaluasi pembelajaran dilakukan berdasarkan
standar yang ada yaitu melakukan dengan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Kata Kunci : Tenaga Pendidik, Pembelajaran
Abstract
Learning management is all the efforts to regulate the teaching and learning process, in order to achieve an
effective and efficient teaching and learning process. The purpose of this study was to determine the
management of learning in Mambaul Hisan Pringsewu Islamic Boarding School. This study uses a qualitative
approach with qualitative descriptive methods with research objects in Mambaul Hisan Pringsewu Islamic
Boarding School. the results of this study indicate that the planning of learning in Mambaul Hisan Pringsewu
Islamic Boarding School is the same as planning in public schools which is making an Annual Program (Prota),
Semester Program (Promissory), Syllabus and Learning Implementation Plan (RPP). Organizing at Mambaul
Hisan Pringsewu Islamic Boarding School can not be done in general because of the limited teaching staff.
Whereas evaluation of learning is carried out based on existing standards, namely by evaluating attitudes,
knowledge and skills.
Keywords: Educators, Learning

Article Details

Section
Articles