PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI PENGAWAS SATUAN PENDIDIKAN DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH (STUDI KASUS PADA SMA MA’ARIF NU 5 PURBOLINGGO KABUPATEN LAMPUNG TIMUR) Indonesia

Main Article Content

Dwi Rohmadi Mustofa
Ide Lia Marzuki
Ihsan Mustofa

Abstract

Abstract
The purpose of this study was to determine; (1) positive influence and significant correlation between the regulatory supervision of the educational unit on teacher performance of the SMA Maarif NU 5 Purbolinggo, East Lampung regency; (2) positive influence and significant correlation between school leadership on teacher performance; (3) positive and significant influence between the regulatory supervision of the education unit and school leadership together on teacher performance. Population or census, the permanent teachers in high school Maarif NU 5 Purbolinggo totaling 36 people. Primary data was collected by a questionnaire instrument. Data were analyzed qualitatively and quantitatively with the correlation formula, linear regression and multiple linear regression. The results showed; (1) a significant difference supervisors supervising teacher education unit on the performance of the SMA Maarif NU 5 Purbolinggo, East Lampung regency; (2) there is a significant impact of school leadership on teacher performance; (3) there is a significant influence supervision unit superintendent of education and school leadership together on teacher performance.


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) Pengaruh yang positif dan signifikan antara supervisi pengawas satuan pendidikan terhadap kinerja guru pada SMA Ma’arif NU 5 Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur; (2) Pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; (3) Pengaruh yang positif dan signifikan antara supervisi pengawas satuan pendidikan dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Populasi penelitian terhadap guru tetap di SMA Ma’arif NU 5 Purbolinggo berjumlah 36 orang. Data primer dikumpulkan dengan instrumen kuesioner. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan rumus korelasi, regresi linier, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan; (1) terdapat pengaruh yang signifikan supervisi pengawas satuan pendidikan terhadap kinerja guru pada SMA Ma’arif NU 5 Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur; (2) terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; (3) terdapat pengaruh yang signifikan supervisi pengawas satuan pendidikan dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru.


Kata kunci: supervisi pengawas, kepemimpinan, kinerja guru, SMA Ma’arif NU

Article Details

How to Cite
Dwi Rohmadi Mustofa, Ide Lia Marzuki, & Ihsan Mustofa. (2020). PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI PENGAWAS SATUAN PENDIDIKAN DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH (STUDI KASUS PADA SMA MA’ARIF NU 5 PURBOLINGGO KABUPATEN LAMPUNG TIMUR) : Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v2i1.21
Section
Articles

References

Masaong, H. Abd. Kadim, 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru, Bandung: Alfabeta. Nawawi, Hadari, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. Usman, Moh. Uzer, 2005. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remadja Rosdakarya Peraturan Perundang-undangan Standar Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru