MODEL AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) DENGAN STRATEGI PENINJAUAN KEMBALI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KEAKTIFAN SISWA DI SMA YASMIDA KEC. AMBARAWA KAB. PRINGSEWU Indonesia

Main Article Content

Muhtarom Muhtarom
Dwi Rohmadi Mustofa
Muhammad Idris

Abstract

Abstract
This study aims to improve creativity and student learning outcomes on learning Sociology class X SMA Yasmida Ambarawa. In general, this research seeks to improve the creativity and learning outcomes of students by using AIR learning model with Review Strategy. This type of research is Classroom Action Research (PTK). The subjects of this study are the students of grade X SMA Yasmida Ambarawa which amounted to 26 people. The object of this research is the implementation of Sociology learning by using AIR learning model with Review Strategy. Classroom Action Research is done in 2 cycles, each cycle consists of 2 meetings. The results showed that there is an increase of creativity and Activity of students by applying AIR model learning with Review Strategy. Student creativity is seen from all indicator of creativity and Student Activity is improving. In the first cycle of creativity of 60.66%, in the second cycle of 79.96%, while the student's activity also increased from 70% to 85%. Creativity can be seen from the ability to generate many ideas, the ability to propose a variety of solutions to problems, the ability to find answers, tend to give more answers, respond to questions posed, have many questions, and be able to describe things in detail. Student activity is seen from observing, asking, trying, reasoning, tasting, and creating. Students can listen, think, share in groups, and review the material with pleasure so as to provide opportunities for students to hone their own ability, responsibility, and self-belief.



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Sosiologi kelas X SMA Yasmida Ambarawa. Secara umum penelitian ini mengupayakan peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran AIR dengan Strategi Peninjauan Kembali. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Yasmida Ambarawa yang berjumlah 26 orang. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Sosiologi dengan menggunakan model pembelajaran AIR dengan Strategi Peninjauan Kembali. Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kreativitas dan Keaktifan siswa dengan menerapkan pembelajaran model AIR dengan Strategi Peninjauan Kembali. Kreativitas siswa yang dilihat dari semua indikator kreativitas dan Keaktifan siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I kreatifitas sebesar 60,66%, pada siklus II sebesar 79,96%, sedangkan keaktifan siswa juga mengalami peningkatan dari 70% menjadi 85%. Kreativitas dapat dilihat dari kemampuan menghasikan banyak gagasan, kemampuan mengemukakan barmacam-macam pemecahan terhadap masalah, kemampuan menemukan jawaban, cenderung memberi jawaban yang lebih banyak, menanggapi pertanyaan yang diajukan, mempunyai banyak pertanyaan, dan mampu menguraikan sesuatu secara terperinci. Keaktifan siswa dilihat dari mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Siswa dapat menyimak, berfikir, berbagi dalam kelompok, serta mengulas materi dengan senang sehingga memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengasah kemampuannya sendiri, bertanggung jawab, dan adanya kepercayaan terhadap diri sendiri.

Kata Kunci : Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition), Strategi Peninjauan Kembali, Kreativitas dan Keaktifan.

Article Details

How to Cite
Muhtarom, M., Dwi Rohmadi Mustofa, & Muhammad Idris. (2020). MODEL AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) DENGAN STRATEGI PENINJAUAN KEMBALI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KEAKTIFAN SISWA DI SMA YASMIDA KEC. AMBARAWA KAB. PRINGSEWU : Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v3i1.29
Section
Articles

References

Abu Ahmadi & Nur Uhbiyati. (2001). Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka

Putra. Amal abdul Salam Alhalili. (2005). Mengembangkan Kreativitas

Anak. Jakarta : Pustaka Alkautsar. Amalina & Siswono. 2016. Investigasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pengajuan Masalah Matematika Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 2 No.5 Tahun 2016 ISSN : 2301-9085 Beni Ambarjaya. (2008). Model-model Pembelajaran Kreatif. Bandung : Tinta Emas Publishing. Bermawi Munthe. (2009). Desain Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Insani Madani. Bintarto dan Surastopo Hadisumarno. (1987). Metode Analisa Geografi. Jakarta: LP3S. Dasim Budimansyah,dkk. (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Bandung : PT. Genesindo. Emi Naziatul Mawaddah. (2009). Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika dalam Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) di SMP Negeri 3 Batu. Skripsi. Malang:Fakultas MIPA UMM Malang.

Hamruni. (2009). Strategi dan model-model pembelajaran aktif menyenangkan. Yogyakarta : Fak. Tarbiyah UIN. Hamzah B. Uno. (2010). Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Herman, T. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist 1(1): 47-56. Johnson B. Elaine. Contextual Teaching Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan Dan Bermakna. Bandung: MLC. Jugiyanto. (2007). Filosofi, Pendekatan, dan Penerapan Pembelajaran Metode Kasus. Yogyakarta : Andi Offset. Monty Satiadarma & Fidelis Waruwu. (2003). Mendidik Kecerdasan. Jakarta : Pustaka Populer Obor. Nana Sudjana. (2000). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo. Nasution. (2008). Asas-asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara. Ningrum, P. 2016. Meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kreatif melalui Pembelajaran kolaboratif berbasis masalah materi kelarutan Dan hasil kali kelarutan (ksp) siswa kelas xi SMA Negeri 10 Semarang Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang. Volume 04 Nomor 01 Maret 2016 Nursyid Sumaatmadja. (2001). Metedologi Pengajaran Geografi. Jakarta : Bumi Aksara. Prihantoro. 2012. Peningkatan kinerja sumber daya manusia melalui motivasi, Disiplin, lingkungan kerja, dan komitmen (studi kasus madrasah di lingkungan yayasan salafiyah, kajen, margoyoso, pati). Vol. 8, no.2, maret 2012–Agustus 2012. Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sahala, S dan Samad, A. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pembiasan Cahaya Pada Lensa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 5 Ketapang. Jurnal Matematika dan IPA, 1(2): 12-25. Sardiman A.M. (2007). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta : PT.

Raja Grafindo Persada. Sofan Amri & Iif khoiru Ahmadi. (2010). Kontruksi Pengembangan

Pembelajaran. Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya.

Sudjana. (2005). Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production. Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>