IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP PGRI 1 PULAUPANGGUNG, KABUPATEN TANGGAMUS. indonesia
Main Article Content
Abstract
Abstract
This research is used to study Learning Curriculum Management in Improving Education Quality in
SMP PGRI 1 Pulaupanggung, describing the implementation of management learning curriculum in order
to improve the quality of education in SMP PGRI 1 Pulaupanggung, Tanggamus District.
The results show that a) .The curriculum planning at SMP PGRI 1 Pulaupanggung is based on the
previous evaluation results and the planning of future targets and programs compiled by the principal
with all subordinate staff. b) .The organizing of the curriculum includes dividing the teaching tasks for
teachers according to their respective areas of expertise, striving for teachers to teach 5 days a week,
schedule remedial activities, conduct lessons and try out, schedule an extra curricular curriculum,
teaching for teachers about science and technology, and arranging a schedule of teacher meetings in
turns. c) .The curriculum implementation includes early learning activities, learning methods, learning
media, end activities of learning. d). The curriculum evaluation is using the form of evaluation of
cognitive aspects, affective aspects and psychomotor aspects.
Abstrak
Penelitian ini digunanakan untuk mengkaji mengenai Manajemen Kurikulum Pembelajaran dalam
Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP PGRI 1 Pulaupanggung, mendeskripsikan tentang implementasi
manajamen kurikulum pembelajaran agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di SMP PGRI 1
Pulaupanggung, Kabupaten Tanggamus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa a).Perencanaan kurikulum di SMP PGRI 1 Pulaupanggung ini
berdasarkan pada hasil evaluasi sebelumnya dan perencanaan target dan program kedepan yang disusun
oleh kepala sekolah dengan seluruh staf bawahannya. b).Pengorganisasian kurikulum meliputi membagi
tugas mengajar bagi guru sesuai dengan bidang keahlian masing-masing, mengupayakan agar guru
mengajar 5 hari dalam 1 minggu, menyususn jadwal kegiatan perbaikan/remidi, mengadakan les dan try
out, menyususn jadwal kegiaatn ektra kurikuler, menyusun jadwal pengajaran bagi guru tentang IPTEK,
dan menyusun jadwal pertemuan guru-guru secara bergiliran.c).Pelaksanaan kurikulum meliputi kegiatan
awal pembelajaran,Metode pembelajaran, Media pembelajaran, kegiatan akhir pembelajaran. d). Evaluasi
kurikulum yaitu menggunakan bentuk evaluasi aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik.
Kata Kunci : Kurikulum Pembelajaran, Mutu Pendidikan, Kabupaten Tanggamus
Article Details
References
Achmad,2014. Mutu Pendidikan.Jakarta
:Guraru
Al Bukhari: dari Sahabat Rasulullah هلل ا لئ
وسلم عليهYakni Anas bin malik r.a
Al Qur’an dan Terjemahan Kementrian Agama
RI, 2010, Diterjemahkan oleh Lajnah
Pentashih Mushaf, Bandung: CV
Fokusmedia
Anisari, A., Purwanti, E., & Masrur, M. (2017).
Strategi Kepala Sekolah Dalam
Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di
SMP Nurul Islam Kelurahan Garuntang
Kecamatan Bumi Waras Kota Bandar
Lampung. Jurnal Manajemen
Pendidikan Islam Al-Idarah, 1(1), 1-9.
Bungin ,Burhan,2001. Metodologi Penelitian
Sosial .Surabaya: Airlangga
Consueli G, Selvia, 2001. Pengantar Metode .
Jakarta : Universitas Indonesia UI-Press
D.L,Goetsch, dan Davis,1994. Introduction to
Total Quality: Quality, Productivity,
competitiveness. New York :Prentice
Hall International
Fauzi, 2013.Manajemen Itu Mudah.Jakarta : PT
Raja Grafindo Persada
Gitosudarmo,Indriyo,2008.Manajemen
Pendidikan. Yogyakarta : AditiyaMedia
Goode,Willian J dan K.Hat,Paul,1952. Methode
in Social Research.TokyoMcGraw Hiil
Hadun ,Aminul dan Harjono, 1998. Metodologi
Penelitian Pendidikan. Bandung : Toha
Putra
Handoko,1996. Manajemen Personalia
danSumber Daya Manusia. Yogyakarta :
BPFE
Harsono,Hanifah, 2002. Implementasi
Kebijakan dan Polotik. Bandung:Remaja
Rosdakarya
Hasan,M.Iqbal,1994. Pokok-Pokok Materi
Metodologi Penelitian dan Aplikasinya.
Jakarta: PT Rineka Cipta
Indria, Nina, Observasi Peneliti Terhadap
Peserta didik kelas VIII, (Tercatat
tanggal 11 Juli 2015)
Indriyo,Gitosudarmo, 2008. Manajemen
Pendidikan.Yogyakarta : AditiyaMedia
Iskandar, 2009.Metodologi Penelitian
Pendidikan dan Sosial Kuantitaif dan
Kualitatif.Jakarta:GP. Press
Koentjaraningrat,1977.Metode-metode
Penelitian Masyarakat.Jakarta:
Gramedia
Kusuma, N., & Purwanti, E. (2017). Pengaruh
Kompetensi Pedagogik Dan Manajemen
Pembelajaran Terhadap Penjaminan
Mutu Pada Universitas Sang Bumi Ruwa
Jurai Lampung. Indonesian Journal Of
Educational Counseling, 1(2), 209-226.
Lexy J,Moleong ,2004.Metodelogi Penelitian
Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya
lovelock,1994.C.Product Plus :How Product
+Service = Competitive Advantage.New
York :MCGraw Hill
Marno,dan Supriyatno, Triyo,2008.Manajemen
dan Kepemimpinan Pendidikan
Islam.Bandung :PT. Refika Aditama
Moleong,2007.Metode Penelitian
Kualitatif.Bandung : Remaja Rosdakaya
Mulyana,Deddy, 2004. Metodologi Penelitian
Kualitatif; Peradigma Baru Ilmu
Komunikasi Dan Ilmu Sosial
Lainnya.Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Mulyasa,E,2013.Manajemen Berbasis Sekolah:
Konsep, Strategi dan Implementasi.
Bandung: Sinar Baru
Muhadjir ,Noeng, 1996.Metode Penelitian
Kualitatif.Yogyakarta: Rake Sarasia
Muhammad Ali al Shabuni, 2010. Al Qur’an
dan Terjemahan Kementrian Agama RI
Diterjemahkan oleh Lajnah Pentashih
Mushaf. Bandung: CV Fokusmedia
Nasution, 1988.Metode Penelitian NaturalistikKualitatif. Bandung: Tarsito
Nasution ,S,2011.Metode Research (Penelitian
Ilmiah).Jakarta: Bumi Aksara
Ramayulis,2006.Kamus Besar Bahasa
Indonesia.Jakarta:PT.Rineka Cipta
Rusman,2007. Manajemen Kurikulum. Bandung
: Remaja Rosdakaya.
Robbins dan P,Stephen 2007.Prilaku
Organisasi.Jakarta :Salemba Empat
Sanjaya,Wina,2007.Strategi Pembelajaran
Berorientasi StandarProses
Pendidikan.Jakarta : Kencana
S,Margono, 2000. Metodologi Penelitian
Pendidikan.Jakarta: PT Rineka Cipta
Sanjaya,Wina,2007.Strategi Pembelajaran
Berorientasi StandarProses
Pendidikan.Jakarta : Kencana
Setiawan,Guntur,2005. Al Bukhari: dari
لئ ا هلل عليه Rasulullah Sahabat
وسلمYakni Anas bin malik r.a (Beirut :
Dar al Fikr, tt)
Setiawan,Guntur, Al Bukhari 6010 dalam AnNabawi: (Beirut : Dar al Fikr, tt)
Siswanto,2005. “ Pengantar
Manajemen”.Jakarta: Bumi Aksara
Subagyo,Joko, 2004. Metode Penelitian Dalam
Teori dan Praktik. Jakarta: PT Rineka
Cipta
Sudjana nana dan Ibrahim,1998.Penelitian dan
Penelitian Kualitatif.Bandung : Sinar
Baru
Sugiono,2008.Metodologi Penelitian
Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D.Bandung : Alfabeta
Suharsimi,Arikunto,2006.Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan
Praktik.Jakarta:PT.Rineka Cipta
Suharsimi,Arikunto dan yuliana,Lia,2008.
Manajemen Pendidikan. Yogyakarta
:Aditiya Media
Suharsimi,Arikunto,2006Prosedur Penelitian:
Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta,
Rineka Cipta
Sukandarrumidi,2004. Metodologi
Penelitian.Yogyakarta : Gajah Mada
University Press
Sulustyorini,2009.Manajemen Pendidikan Islam
(konsep,strategi dan aplikasi.Yogyakarta
: TERAS
Suryadi,Ace,2007.Mutu Pendidik. Bandung :
Remaja Rosdakarya
Trianto,2009.Mendesain Model Pembelajaran
Inovatif-Progresif.Jakarta : Kencana
Undang-Undang SISDIKNAS Nomor 20 Tahun
tentang Pendidikan
UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 20
UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 19
Usman,Nurdin,2002. Konteks Implementasi
Berbasis Kurikulum.Jakarta: Bumi
Aksara
Wawancara dengan Ibu Erma Yanti selaku
Kepala SMP PGRI 1
Pulaupanggung,Tanggamus
Wawancara dengan Ibu Masripah selaku Waka
Kurikulum SMP PGRI 1
Pulaupanggung,Tanggamus
Wawancara dengan Bpk. Dedi Radiman selaku
Guru IPS SMP PGRI 1
Pulaupanggung,Tanggamus
Wikipedia,2015.http://www.Google.Manajemen
Kurikulum.go.id/
Wikipedia,2014.http://www.Google.Manajemen
Kurikulum.go.id/
Zais,2012.Kurikulum Pendidikan”What The
Man Can Become”.Padang : Bung Hatta
University Press