ANALISIS IMPLEMENTASI MUTU PEMBELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG indonesia

Main Article Content

Taufik ikbal
Nurhadi kusuma
Eri Purwanti

Abstract

Abstract
This study is a study using Roesman's theory approach in the book of learning models
to develop teacher professionalism. To measure the extent to which the implementation of
learning is considered qualified.
From the results of observations and interviews and reviewed from the theory of
learning models Roesman then obtained: 1. Bahwasannya in the planning phase of teacher
learning in smp muhamadiyah 3 bandar still exist that have not yet compiled syllabus and
RPP. 2. In the implementation stage of learning, teachers still have not applied apersepsi in
starting learning and have not used props, 3. There are sub indicators in syllabus or
indikaator that have not been implemented in each learning subject, 4. At the time of
closing the learning and giving assessment of the teacher have been seeking the fulfillment
of assessment in accordance with PP Education Minister No 23 of 2016.
Abstrak
Penelitian ini merupakan kajian yang menggunakan analisis pendekatan teori Roesman dalam buku
model – model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Untuk mengukur sejauh mana
implementasi pembelajaran yang dianggap bermutu.
Dari hasil pengamatan dan wawancara serta ditinjau dari teori Model-Model Pembelajaran Roesman
maka didapat :1. Bahwasannya dalam tahap perencanaan pembelajaran guru di smp muhamadiyah 3 bandar
lampung masih ada yang belum menyusun Silabus dan RPP. 2. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran guru
masih banyak belum menerapkan apersepsi dalam memulai pembelajaran serta belum menggunakan alat
peraga, 3. Adanya sub indikator dalaam silabus maupun indikaator yang belum dilaksanakan pada tiap mata
pelaajaran, 4. Pada saat menutup pembelajaran serta memberikan penilaian guru sudah mengupayakan
terpenuhinya penilaian sesuai dengan PP Mendikbud Nomor 23 Tahun 2016.
Kata kunci : Mutu, pembelajaran

Article Details

How to Cite
Taufik ikbal, Nurhadi kusuma, & Eri Purwanti. (2020). ANALISIS IMPLEMENTASI MUTU PEMBELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG: indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 3(1), 12–17. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v3i1.28
Section
Articles

References

Anisari, A., Purwanti, E., & Masrur, M.

(2017). Strategi Kepala Sekolah

Dalam Meningkatkan Mutu

Pembelajaran Di Smp Nurul Islam

Kelurahan Garuntang Kecamatan

Bumi Waras Kota Bandar

Lampung. Jurnal Manajemen

Pendidikan Islam Al-Idarah, 1(1),

-9.

Hadis dan Nurhayati. 2010, Manajemen Mutu

Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Kusuma, N., & Purwanti, E. (2017).

Pengaruh Kompetensi Pedagogik

Dan Manajemen Pembelajaran

Terhadap Penjaminan Mutu Pada

Universitas Sang Bumi Ruwa

Jurai Lampung. Indonesian

Journal Of Educational

Counseling, 1(2), 209-226.

Rousman. 2012, Model-model Pembelajaran

Mengembangkan Profesionalisme guru,

Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Suaedi Hammado Tantu. 2016, Pembelajaran

Pendidikan Lingkungan Hidup, Bogor:

IPB Press

UU SISDIKNAS (UU RI No.20 Th. 2003). 2013

Jakarta: Sinar Grafika,

Most read articles by the same author(s)