PENGARUH MANAJEMEN PROGRAM YAYASAN BERBASIS KEAGAMAAN TERHADAP MORAL PESERTA DIDIK DI SMA DARUL FIKRI SUMANDA Indonesia

Main Article Content

Siti Masitoh
Muhtarom Muhtarom
Trufi Murdiani

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengaruh manajemen program yayasan berbasis keagamaan terhadap moral peserta didik di SMA Darul Fikri Sumanda Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan pemberian angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Adapun instrumen penelitiannya menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji linieritas, yaitu untuk mengetahui pengaruh antara program yayasan berbasis keagamaan dengan moral peserta didik. Pengaruh manajemen program yayasan berbasis keagamaan terhadap moral peserta yang meliputi: perencanaan, meliputi perencanaan program kepesantrenan, pengorganisasian, penerapan, pengawasan. Pada setiap bidang, pelaksanaan manajemen program yayasan berbasis keagamaan sudah dilaksanakan sesuai dengan program kerja yang direncanakan sehingga program yayasan berbasis keagamaan dapat tercapai. Adanya kerjasama antara ketua yayasan, kepala sekolah, dewan guru, wali siswa, dan siswa, sehingga program yayasan berbasis keagamaan dapat terlaksana. Hasil pelaksanaan manajemen program yayasan berbasis kegamaan berpengaruh dan efektiv terhadap moral peserta didik berdasarka perhitungan koefisien korelasi sederhana sebesar 88,36%.

Kata kunci : Manajemen, Moral, Peserta didik

ABSTRACT

This study aims to describe the effect of the management of religious-based foundation programs on the morale of students in Darul Fikri Sumanda High School, Pugung District, Tanggamus Regency. This data collection is done by providing questionnaires, observations, interviews, and documentation. Analysis of the data used is descriptive data analysis. The research instrument uses a validity test, a reliability test, and a linearity test, which is to determine the effect of a religious-based foundation program with the morals of students. The influence of foundation-based religious program management on the morale of participants which includes: planning, including boarding school program planning, organizing, implementing, monitoring. In each field, the implementation of the management of religious-based foundation programs has been carried out in accordance with the planned work programs so that the religious-based foundation programs can be achieved. There is cooperation between the chairman of the foundation, the principal, the council of teachers, student guardians, and students, so that the foundation-based religious program can be implemented. The results of the implementation of the management of the foundation program based on the effect of influence and effectiveness on the morale of students based on simple correlation coefficient calculation of 88.36%.

Keywords: Management, Moral, Students

Article Details

How to Cite
Siti Masitoh, Muhtarom, M., & Trufi Murdiani. (2020). PENGARUH MANAJEMEN PROGRAM YAYASAN BERBASIS KEAGAMAAN TERHADAP MORAL PESERTA DIDIK DI SMA DARUL FIKRI SUMANDA : Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 5(2), 88–96. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v5i2.74
Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA Chatama Rasjid, (2001), Tujuan Sosial Yayasan dan Kegiatan Usaha Bertujuan Laba. Bandung: PT. Citra Ditya Bakti. Arie Kusumastuti Maria Suhardiadi, Hukum Yayasan di Indonesia Berdasarkan Undang- Undang RI No. 16 Tahun 2001, TentangYayasan, (Indonesia Center Publishing). Hisbullah Syawie, Aspek-aspek Hukum Mengenai Yayasan di Indonesia, (Varian Pendidikan, Tahun IX, No. 98 November 1993). Hayati Soeroedjo, Status Hakim Yayasan Dalam Kaitannya Dengan Penataan Badan- badan Usaha di Indonesia, Makalah pada Temu kerja Yayasan : Status Badan Hukum dan Sifat Wadahnya, Jakarta, 15 Desember 1981. Mohammad Ali dan Mohammad Asrori, (2012). Psikologi Remaja; Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT Bumi Aksara). Syamsul yusuf LN, (2009), Psikologi Perkembangan Anak & Remaja, Bandung :PT remaja rosdakarya bandung. Suyadi, (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya. Aan Komariah, Yati Siti Mulyati, (2011), Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Fauzi, (2013), Manajemen Itu Mudah, Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Wahjosumodjo, (2003), Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta:Raja Grafindo Persada. Siti Ayunah, Wawancara dengan Penulis (Sumanda: SMA Darul Fikri), pada hari Rabu tanggal 01 Maret 2020.

Most read articles by the same author(s)