IMPLEMENTASI METODE Contextual Teaching And Learning (CTL) PADA PELAJARAN IPA DI UPT SDN 1 MARGAKAYA indonesia

Main Article Content

Martika Aji Lestari
Moh. Masrur

Abstract

Abstrak
Observasi awal yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa proses pembelajaran dikelas kurang meningkatkan
peran aktif siswa, karena guru yang mengelola kelas belum menggunakan pendekatan kontekstual sebagai fokus
dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi model pembelajaran
contextual teaching and learning (CTL) pada pembelajaran IPA kelas V di UPT SDN 1 Margakaya. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dengan teknik analisis deskripif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ketujuh komponen yang terdapat dalam metode CTL pada proses pembelajaran IPA dikelas V belum di
terapkan secara maksimal, terdapat lima komponen yang baru diterapkan dalam proses pembelajaran dikelas, yaitu:
inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, dan penilaian autentik sedangkan dua komponen yang belum
diterapkan adalah kontruktivisme dan refleksi.
Kata kunci : Metode contextual teaching and learning (CTL), Pembelajaran IPA
Abstract
Preliminary observation made by researchers indicate that the learning process in the classroom does not increase
the active role of students, because teachers who manage the class have not used a contextual approach as a focus in
learning. The research aims to describe hw the implementation of the CTL at the science at UPT SDN 1 Margakaya.
The method uses in this research is qualitative descriptive analysis techniques. The results showed that the seven
components contained in the CTL method in class V had not been maximally applied, there are five components that
have just been applied in the learning process in the calssroom, namely: inquiry, questioning, learning community,
modeling, and authentic assesment, while the two components that have not been implemented are constructivism
and reflection.
Keywords : Method Contextual Teachinf and Learning (CTL), Science learning

Article Details

Section
Articles