PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU DI SD NEGERI 4 NEGERIKATON indonesia

Main Article Content

Dwi Lisnawati
Dwi Rohmadi Mustofa

Abstract

Abstract
The purpose of this study is to learn the role of the headmaster leadership in promoting teacher discipline in
the SD Negeri 4 Negerikaton. The study uses qualitative descriptive methods. Data collection techniques using
interviews, observations, and documentation. Data sources obtained from school directors and teachers. Research
shows that the headmaster is implementing an instructive leadership style (telling) in improving teacher discipline.
The disciplines of teachers at SD Negeri 4 Negerikaton are on a schedule. Teachers and faculty give the ability to
obey and observe the prescribed disciplinary regulations. Efforts by the headmaster to overcome obstacles to the
teacher's discipline of work are by taking a personal or individual approach, an approach between the principal to
work individually with the teacher regarding his or her professional problems. And provided guidance if a teacher or
a force of educators violated the common rules, the principal acted on the appropriate penalties.
Key words: leadership role, job discipline
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan
disiplin kerja guru di SD Negeri 4 Negerikaton. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data didapatkan dari kepala
sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepala sekolah menerapkan gaya kepemimpinan instruktif
(telling) dalam meningkatkan disiplin kerja guru. Disiplin kerja guru di SD Negeri 4 Negerikaton sudah sesuai
dengan jadwal tugas dan waktu yang telah ditentukan. Guru dan tenaga kependidikan memberikan kesanggupan
untuk mentaati dan menjalankan peraturan-peraturan kedisiplinan yang telah ditetapkan bersama. Upaya yang
dilakukan kepala sekolah untuk mengatasi kendala dalam menghadapi disiplin kerja guru yaitu dengan melakukan
pendekatakan secara personal atau individual, yaitu suatu pendekatan antara kepala sekolah untuk bekerja secara
individual dengan guru sehubungan dengan masalah-masalah profesionalnya. serta memberikan bimbingan jika guru
atau tenaga pendidik ada yang melanggar aturan yang telah ditetapkan bersama, maka kepala sekolah bertindak
dengan memberikan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Kata Kunci: Peran kepemimpinan, Disiplin kerja

Article Details

Section
Articles