MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE AKIBAT PANDEMI COVID 19 KELAS IV SD N 1 WONOSARI indonesia

Main Article Content

Rika Muchinin
Eri Purwanti

Abstract

Abstrack
The Indonesian education system is changing radically from the corona virus (cocovid 19), which is
causing the entire educational system of the institution to be transferred to online methods (online) and
online learning. This study is also applied at n 1 wonosari elementary school. There are barriers in the
learning process, resulting in changes in the student that end up on his learning motivation. The study to
increase the motivation for learning fourth graders n 1 wonosari listen apply a persuasive method of
communication with the teacher. Aimed at increasing the motivation to study in students, increasing
student learning activities, facilitating by finding opinions gives opportunities to ask, and enhancing
student discipline. The study involves qualitative methods.There are several contributing factors that
include the whatsapp group, using animated films at the time of explaining material, there is reciprocity
during communication, and the delay is that students have no android phones, weak signals, lack of
interest in reading duty. Student i.v. samples number 15 children. Sampling techniques with unbreakable
sampling, based on research that students iv elementary n 1 wonosari are making an active progress in
questioning a class of 40% to 60%. The student who didn't want to speak out on the matter now the bus
presents its own opinion by 30% to 50%. Applying persuasive communication methods with teachers and
students can increase the motivation to study in students.
Keyword: Online learning motivation
Abstrak
Sistem pendidikan di Indonesia sedang mengalami perubahan baru dengan adanya wabah corona virus
(covid 19),yang mengakibatkan seluruh sistem pembelajaran di lembaga pendidikan di alihkan menjadi
metode jaringan (daring) dan pembelajran online. Pembelajaran ini juga di terapkan di SD N 1 Wonosari.
Adanya hambatan dalam proses pembelajaran ,mengakibatkan perubahan pada siswa yang berakhir pada
motivasi belajarnya. Penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD N 1 Wonosari
dengan menerapkan metode komunikasi persuasif dengan guru.Yang bertujuan untuk meningkatkan
motivasi belajar pada siswa ,meningkatkan aktivitas belajar siswa,memfasilitasi dengan menemukan
pendapat memberi kesempatan untuk bertanya ,dan meningkatkan disiplin siswa. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif. Ada beberapa faktor pendukungnya antara lain menyediakan grup
whatsapp, menggunakan film animasi pada saat menjelaskan materi, ada timbal balik pada saat
komunikasi,dan penghambatnya adalah siswa tidak mempunyai handphone android, sinyal yang lemah,
kurang minat membaca tugas. Sampel siswa kelas IV berjumlah 15 anak.Teknik pengambilan sampel
dengan teknik purposive sampling,berdasarkan hasil penelitian bahwa siswa kelas IV SD N 1 Wonosari
,mengalami kemajuan aktifnya siswa dalam bertanya di kelas sebanyak 40% menjadi 60%.siswa yang
tadinya tidak mau mengemukakan pendapat dari soal sekarang bisa mengemukakan pendapat sendiri
sebanyak 30% menjadi 50%. Berdasarkan hal tersebut penerapan metode komunikasi persuasif dengan
guru dan siswa bisa meningkatkan motivasi belajar pada siswanya.
Kata Kunci: Motivasi Belajar,Pembelajaran Online

Article Details

Section
Articles