PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 3 DI MI YASMIDA PAREREJO indonesia

Main Article Content

Vina Akmalia
Muhtarom

Abstract

ABSTRAK


          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa peran media pembelajaran sangat penting untuk siswa dalam mengikuti mata pelajaran matematika disekolah. Permasalahan yang saya temukan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas 3 pada mata pelajaran Matematika, yang seharusnya nilai hasil belajar mencapai KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal ) namun nilai tersebut tidak mencapai nilai KKM. Bahkan seringkali hasil nilai belajar siswa di bawah nilai rata-rata.  Hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa hanya mencapai nilai 60 sedangkan standar ketuntasan belajar minimal (KKM) untuk mata pelajaran matematika adalah 65. Serta kurangnya rasa ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran matematika yang dirasa sulit dan membosankan.


        Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan model deskriptif. Karena dengan metode tersebut penelitian dapat digambarkan secara terperinci, mulai dari perilaku disekolah, kegiatan dan hasil belajar siswa. Sedangkan subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran dan siswa.  Untuk pengumpulan data menggunaka teknik wawancara dan dokumentasi.


 


Kata Kunci : Peranan Media Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa


 


ABSTRACT


          This study aims to determine that the role of learning media is very important for students in following mathematics subjects in school. The problem that I found in this study was the low learning outcomes of grade 3 students in Mathematics, which should have reached the KKM (Minimum Completeness Criteria) but these scores did not reach the KKM value. In fact, the results of student learning scores are often below the average value. This can be seen from the student's average score of only 60 while the minimum standard of learning completeness (KKM) for mathematics is 65. As well as the lack of student interest in mathematics which is considered difficult and boring.


        The method used in this study uses qualitative methods using descriptive models. Because with this method research can be described in detail, starting from school behavior, activities and student learning outcomes. While the subjects of this study were subject teachers and students. For data collection using interview and documentation techniques.


 


Keywords: Role of Learning Media, Student Learning Outcomes

Article Details

Section
Articles