Al-Ibda: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
AL-IBDA merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran dasar yang dikelola oleh Program Studi PGMI STIT Pringsewu. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Maret dan September. Jurnal AL-IBDA menjadi sarana bagi peneliti, akademisi, dan praktisi yang tertarik dengan kajian pendidikan dan pembelajaran dasar, dan berkeinginan untuk menyalurkan pemikiran dan temuannya, terutama yang berkaitan dengan kajian dalam bidang studi sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah. Artikel yang dimuat adalah hasil penelitian, telaah ilmiah dan kritis serta komprehensif atas isu penting dan terkini yang tercakup dalam pembidangan jurnal.Fokus dan skopnya meliputi beberapa bidang kajian yang berhubungan dengan pendidikan dasar yaitu: IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Matematika, dan Pendidikan Jasmani.
Current Issue
Vol. 4 No. 01 (2024): JURNAL PGMI Al-IBDA'
Jurnal ini mencakup beragam penelitian tentang pendidikan karakter dan strategi pengajarannya. Penelitian mencakup analisis terhadap strategi guru dalam menerapkan pendidikan karakter siswa dalam Kurikulum Merdeka, peran penguatan profil siswa Pancasila di sekolah dasar untuk mengatasi perilaku bullying, peningkatan prestasi dalam pembelajaran PKN melalui pembelajaran berbasis Adobe Flash, analisis bahan ajar pendidikan Pancasila dalam mencegah bullying, serta pendidikan karakter berbasis Kearifan Lokal Piil Pesenggiri Lampung. Selain itu, jurnal ini juga membahas aplikasi Kurikulum Mandiri dalam pengembangan aktivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Swasta Muhammadiyah 02 Medan. Dengan memuat beragam topik ini, jurnal ini memberikan wawasan mendalam tentang berbagai pendekatan dalam pendidikan karakter dan pembelajaran agama, serta upaya pencegahan perilaku bullying di lingkungan sekolah.
Published: March-2024