PENERAPAN TEKNIK STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHARAH AL QIRO’AH SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 1 TANJUNG KARANG Indonesia

Main Article Content

Riski Mulyati

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran qira’ah yang diterapkan di MTs Negeri 1 Tanjung Karang  sudah cukup baik. Akan tetapi pada kenyataannya ketika peneliti melakukan observasi pada siswa kelas VII D ternyata kemahiran membaca peserta didik masih kurang.Teknik Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan salah satu teknik dari strategi pembelajaran kooperatif yang menekankan pada adanya aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran  guna mencapai prestasi yang maksimal. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dianalisis secara kualitatif dimana penulis menggambarkan gejala-gejala yang terjadi pada objek penelitian dengan menggunakan metode observasi sebagai metode pokok, yang kemudian metode tes, interview (wawancara) dan dokumentasi sebagai metode penunjang dalam penelitian.


 


Hasil penelitian didapatkan bahwa penerapan teknik pembelajaran  student teams achievement division (STAD) telah berjalan dengan baik dilihat dari catatan lapangan nampak bahwa aktivitas siswa untuk belajar semakin meningkat. Kemahiran membaca (maharah al-qira’ah) siswa: Siklus I dilihat dari nilai post test kemahiran membaca (maharah al-qira’ah) siswa yang mencapai target hanya 33 % sedangkan kemahiran membaca  (maharah al-qira’ah) yang tidak mencapai target sebanyak 66,6 %. Siklus  II kemahiran membaca (maharah al-qira’ah) siswa yang mencapai target 54,4 % sedangkan kemahiran membaca (maharah al-qira’ah) siswa yang tidak mencapai target sebanyak 45,6 %. Siklus III kemahiran membaca (maharah al-qira’ah) siswa yang mencapai target 80,5 % sedangkan kemahiran membaca (maharah al-qira’ah) siswa yang tidak mencapai target sebanyak 19,5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik pembelajaran student teams achievement division (STAD) yang diterapkan pada mata pelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan  kemahiran membaca (maharah al-qira’ah) siswa kelas VII D di MTs Negeri 1 Tanjung Karang.

Article Details

How to Cite
Riski Mulyati. (2023). PENERAPAN TEKNIK STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHARAH AL QIRO’AH SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 1 TANJUNG KARANG: Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab L-DHAD, 2(02), 34–41. Retrieved from http://www.ejurnal-stitpringsewu.ac.id/index.php/l-dhad/article/view/320
Section
Articles